Home » Uncategorized » 3 Metode Sterilisasi Yang Digunakan Di Rumah Sakit

Sterilisasi adalah sebuah prosedur yang harus dilakukan di sebuah rumah sakit dan klinik atau pun di pusat pelayanan kesehatan lainnya. Sterilisasi adalah sebuah proses menghilangkan mikro organisme pathogen bisa berupa virus atau bakteri yang menempel pada sebuah benda yang dapat berakibat buruk bagi manusia.

Di rumah sakit, banyak sekali alat – alat kesehatan yang dipakai berulang – ulang seperti alat – alat operasi dan sebagainya. Untuk mencegah resiko penularan penyakit, alat – alat tersebut perlu disterilkan dengan menggunakan sterilisator khusus. Selain alat kesehatan, ruangan di rumah sakit juga perlu disterilkan terutama ruang operasi. Sterilisasi ruangan dilakukan dengan menggunakan radiasi sinar uv. Untuk itu digunakan lampu uv sterilizer. Harga lampu uv sterilisasi ruangan murah bisa ditemukan di toko – toko alat kesehatan di berbagai daerah.

harga lampu uv sterilisasi ruangan murah

3 Metode Sterilisasi Fisik

Proses Sterilisasi dapat dilakukan dengan menggunakan dua cara yaitu dengan cara fisik dan kimiawi. Untuk kasus seperti sterilisasi alat – alat kesehatan dan sterilisasi ruang, ini dilakukan dengan menggunakan cara fisik yaitu dengan pemanasan dan penyinaran. Ada tiga metode sterilisasi fisik yang sering digunakan di rumah sakit yaitu dengan panas kering, uap basah dan dengan sinar uv untuk ruangan.

#1 – Panas Kering

Metode sterilisasi ini biasanya digunakan untuk mensterillisasi alat – alat kesehatan yang berbahan logam tidak tajam seperti pinset. Selain itu juga untuk sterilisai alat –alat kesehatan yang berbahan kaca tebal seperti gelas ukur dan lain sejenisnya. Sterilisasi panas kering dilakukan dengan menggunakan alat yang biasa disebut dry heat sterilizer.

#2 – Panas Uap

Metode sterilisasi ke dua yaitu dengan menggunakan uap panas. Proses sterilisasi ini juga disebut dengan sterilisasi basah. Proses sterilisasi uap dilakukan dengan menggunakan alat yang dikenal dengan istilah autoclave. Alat ini hampir menyerupai sebuah tunggu atau panci bertekanan (panci presto). Alat kesehatan jenis logam, karet, plastic dapat disterilisasi dengan menggunakan metode ini.

#3 – Radiasi Sinar UV

Berbeda dengan dua metode sebelumnya, proses sterilisasi ini digunakan untuk sterilisasi ruang. Sebenarnya sinar uv dapat juga digunakan untuk sterilisasi lainnya seperti alat atau air, namun efektif digunakan untuk sterilisasi ruang. Sterilisasi ruang dilakukan dengan menggunakan alat yaitu lampu uv sterilisasi khusus ruang. Harga lampu uv sterilisasi ruangan murah bisa didapatkan di toko alat kesehatan di berbagai tempat.

Mungkin demikian saja yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Mudah – mudahan artikel singkat ini dapat bermanfaat untuk anda semua. Sekedar informasi bagi anda yang sedang membutuhkan lampu uv sterilisasi ruang, anda bisa kunjungi website resmi distributor alat kesehtan yang banyak tersebar di internet seperti www.gloryamedica.com. Sekian dan sampai jumpa lagi di pada kesempatan selanjutnya. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *