Kalau mau pesan villa garut, hotel garut, guesthouse garut, atau paket wisata garut. Bisa langsung bbm atau wa ke Telp : 0812-8400-3992 WA : 0878-8112-2266 Pin BB : 59AE4052

Garut merupakan salah satu Kota di Jawa Barat yang dikenal dengan potensi wisata alamnya yang memukau. Disamping itu ada juga dodol Garut yang menjadi makanan khas Garut yang sangat digemari oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Namun jika anda berkunjung ke Garut, jangan lewatkan untuk menilik kerajinan kain batik khas dari tanah Sunda Garut ini. Batik khas Garut sering disebut dengan Garutan. Wisata batik Garut berupa batik Garutan ini menjadi batik sunda yang kedua setelah batik Cirebon. Yang menjadi daya tarik batik Garutan adalah karena Garutan masih tergolong handmade dalam proses pembuatannya. Jika anda tertarik, anda bisa mengunjungi beberapa sentra batik yang terkenal di kota Dodol tersebut.

Garutan memiliki posisi yang cukup bergengsi di kalangan para kolektor batik. Yang menjadi khas dari wisata batik Garut ini adalah motif dari Garutan itu sendiri. Motif batik Garut banyak didominasi oleh ragam hias datar serta gambar-gambar geometrik yang disusun secara diagonal dengan berbagai bentuk. Seperti misalnya kawung dan juga belah ketupat. Namun selain itu Garutan juga ada yang mengandung unsur motif flora dan fauna. Semua motif-motif dari Garutan tersebut merupakan penggambaran dari kehidupan sosial budaya serta nilai-nilai dan adat istiadat yang terkandung dalam budaya Sunda. Selain motif, Garutan juga memiliki ciri khas pada warnanya yang cerah dan penuh. Biasanya didasari dengan warna krem, biru, dan kemerahan.

Setiap motif-motif dari wisata batik Garut memiliki nama-nama tersendiri. Beberapa nama motif Garutan yang terkenal antara lain Rereg Peuteuy, Rererg Pacul, Limay, Lereng suuk, lereng caung, bilik, lereng daun serta Sapu jagat. Semua motif tersebut dipadukan dengan warna-warna yang cerah serta berani. Sangat khas seperti halnya batik-batik corak tepi pantai di kota-kota lainnya seperti batik Cirebon, batik Pekalongan, serta batik Madura. Jika anda berminat untuk sekedar melihat-lihat atau membelinya sebagai oleh-oleh, anda bisa mengunjungi beberapa sentra batik. Disana nantinya anda dapat melihat proses pembuatan batik asli daerah garut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *